Top News
Nasional Internasional Sul-Sel Politik Hukum Olahraga Lifestyle Tekno Agama Tren Properti Pendidikan Tokoh Opini Video Iklan Ekonomi Selebriti Sosial Food
×

DATA COVID-19 DI INDONESIA

Update terakhir: 02 Agustus 2020, 15:42 WITA

TERKONFIRMASI

111,455

+1,519 Kasus

Dirawat 32,244

Meninggal 5,236

P. Sembuh 68,975

Berita Terpopuler Hari Ini: Komentar IDI soal Klaim Hadi Purnomo Temukan Obat Covid-19 Bupati Barru, Letakkan Batu Pertama Rumah Tahfidz Relawan Akhirat Presiden Bubuhkan Tanda Tangan, Gaji 13 ASN Cair Bulan Ini Jadi Top Skor Musim Ini, Immobile Samai Rekor Higuain di Seri A Pegang Presidensi Dewan Keamanan PBB, RI Akan Angkat Isu Covid-19 hingga Terorisme Guardiola Mengakui Liverpool Lawan Terberat dalam Kariernya Dimulai hari ini! Begini cara daftar ulang peserta SKB CPNS Pasangan Selingkuh Tak Mengenakan Pakaian Pingsan di Dalam Mobil, Berstatus PNS Nadiem Izinkan Dana BOS Dipakai Beli Kuota Internet PJJ Karaoke Berujung Maut, Gadis Asahan Tewas dengan Mulut Berbusa
Landscape for All Languages

AS Akan Ungkap Semua Rahasia UFO ke Publik

Teknologi | 2020-07-28

© Disediakan oleh Kumparan Ilustrasi UFO, benda yang terbang di langit. Foto: pixabay.com
WASHINGTON, JALURINFO,- Laporan mengenai benda terbang aneh (unidentified flying object/UFO) yang dipelajari oleh Departemen Pertahanan AS (Pentagon) selama lebih dari satu dekade bakal segera dipublikasi ke publik, menurut laporan The New York Times.

Hal ini disampaikan oleh mantan direktur program Pentagon untuk UFO, Luis Elizondo. Menurutnya, Departemen Pertahanan AS akan memasuki era transparansi baru.

"Tidak lagi harus bersembunyi di bayang-bayang," kata Elizondo kepada The New York Times. "Ini akan memiliki transparansi baru."

Sayangnya, tidak diketahui kapan Pentagon akan merilis laporan tersebut.

Desakan untuk Pentagon mempublikasi penyelidikan mereka terkait UFO muncul sejak Juni 2020. Saat itu, sebagai bagian dari rencana anggaran badan intelijen nasional AS tahun 2021, komite intelijen Senat AS meminta Pentagon untuk mempublikasi penyelidikan program UFO mereka setidaknya enam bulan sekali. Tujuannya agar publik mendapat informasi lebih baik tentang kegiatannya dan cabang intelijen negara itu dapat lebih mudah berbagi informasi.

Baca juga: Fitur Baru Whatsapp, Bisa Hapus Pesan Otomatis

Menurut laporan Agence France-Presse (AFP), Senat AS mengatakan bahwa mereka "mendukung upaya Satuan Tugas Fenomena Udara Tidak Dikenal (Unidentified Aerial Phenomenon Task Force)," yang sekaligus secara resmi mengkonfirmasi keberlanjutan program tersebut.

Unidentified Aerial Phenomenon Task Force adalah program yang didirikan pada tahun 2007 untuk menyelidiki kasus benda terbang aneh atau UFO. Awalnya, program itu memiliki nama Advanced Aerospace Threat Identification Program dan didirikan di bawah Badan Intelijen Pertahanan AS. Namun, berdasarkan RUU Senat AS tahun 2021, program tersebut diubah namanya dan akan ditempatkan di bawah Kantor Intelijen Angkatan Laut AS.

Baca juga: Ketegangan AS - China, Donald Trump Akan Melarang Aplikasi Tik Tok

Konfirmasi resmi dari Senat AS terkait program penyelidikan UFO bisa dibilang mengagetkan. Sebab, sedikit informasi yang diketahui dari program tersebut sejak 2017.

Menurut laporan The New York Times, Pentagon menyebut telah menutup program penyelidikan UFO mereka pada 2012. Namun, The New York Times berhasil menemukan bahwa Advanced Aerospace Threat Identification Program, yang didanai pemerintah AS sebesar 22 juta dolar AS, tetap berlangsung hingga 2017.

Pada saat itu, orang dalam program tersebut mengatakan bahwa penyelidikan terkait UFO bakal tetap berlanjut setelah 2017, sebelum kemudian program tersebut tidak ada lagi kabarnya.

Baca juga: Donald Trump Ancam Google, Facebook, Amazon, dan Apple

Fokus Senat AS pada program penyelidikan UFO tidak jauh dari kekhawatiran makhluk luar angkasa dan ancaman yang ditimbulkan oleh musuh AS dari negara lain, seperti China dan Rusia.

UFO sendiri pada definisinya tak melulu soal alien. Sebab, ‘benda terbang aneh’ juga bisa merujuk kepada teknologi baru yang lebih maju yang dibuat negara lain.

Selama lebih dari satu dekade, Pentagon telah melakukan briefing rahasia dengan komite kongres, eksekutif perusahaan dirgantara, dan pejabat pemerintah lainnya terkait temuan penyelidikan mereka soal UFO, menurut laporan The New York Times. Dalam beberapa kasus, puing-puing UFO yang dikumpulkan Pentagon terbukti buatan manusia dan telah dipelajari oleh perusahaan dirgantara yang dikontrak oleh pemerintah AS.

Meski demikian, menurut Eric W. Davis, seorang astrofisikawan yang dikontrak program UFO milik Pentagon dan kemudian menjadi konsultan di dalamnya, mengatakan bahwa dalam beberapa kasus, mereka gagal mengidentifikasi sumber material UFO. "Kami tidak bisa membuatnya (material UFO) sendiri,” kata Eric.

Perhatian publik soal isu UFO mencuat kembali sejak Juni 2020. Dalam sebuah wawancara dengan anaknya, Donald Trump Jr., Trump mengatakan bahwa dirinya mengetahui hal yang “sangat menarik” dari Roswell, sebuah kota di negara bagian New Mexico, AS, yang dipenuhi spekulasi publik soal keberadaan UFO. Namun, ia enggan menjelaskan lebih lanjut soal hal menarik tersebut.(Kumparan)
Terkini
Terpopuler
Covid 19
Video

Berita Terkait

KOLEKSI VIDEO POPULER

BERITA VIDEO: Keutamaan Waktu
Subuh, dan Kerugian bila
meninggalkan Shalat Subuh

BERITA VIDEO: Beberapa Pemuda
masuk ke RS Akibat Ingin
Memperbesar Alat Kelamin

BERITA VIDEO: Ustadz Das'ad
Latief: Rahasia Menghadapi
Istri yang Suka Ngomel

BERITA VIDEO : Sancaklar,
Mesjid Megah Dengan Desain
Terunik di Turki

BERITA VIDEO: 10 Pertandingan
KO Terbaik Mike Tyson

BERITA VIDEO: Detik-detik
Peluncuran Crew Dragon
Spacecraft dan Dua Astronot
ke ISS

BERITA VIDEO: Lima
Pertandingan yang Meng-KO Mike
Tyson

BERITA VIDEO: Ustadz Das'ad
Latief: Ingin Perbaiki Hidup?
Perbaiki Shalat!

BERITA VIDEO: Sholawat Nabi
Paling Merdu dari Timur Tengah

BERITA VIDEO: Surah Al-Mulk
oleh seorang pemuda Afrika,
viral di Medsos

BERITA VIDEO: Nabi Muhammad
adalah Tokoh yang Menentang
Keras Rasisme

BERITA VIDEO: Longsor yang
menenggelamkan Rumah di Desa
Battang Poros Toraja Palopo
(1)

BERITA VIDEO: Longsor yang
menenggelamkan Rumah di Desa
Battang Poros Toraja Palopo
(2)

BERITA VIDEO: Pangdam XIV
Hasanuddin, Mayjen TNI A.
Sumangerukka, Mengajak
Masyarak Bersatu Melawan
Covid-19

BERITA VIDEO: Detik-detik
Banjir Bandang Seret Korban di
Masamba

BERITA VIDEO: Memilukan!,
Penampakan Akibat Banjir
Masamba, Masjid & Rumah Warga
Dipenuhi dengan Lumpur

BERITA VIDEO: Viral Gadis
Cilik Berhasil Diselamatkan
Setelah Terendam Lumpur Banjir
Bandang Masamba

BERITA VIDEO: Kondisi di
Sekitar Mesjid Radda Pasca
Banjir Bandang Masamba

BERITA VIDEO: Kondisi Terkini
Kota Masamba Pasca Banjir
Bandang

BERITA VIDEO: PMI Sulsel
Kirimkan Paket Bantuan Ke
Masamba

JELAJAHI LEBIH LANJUT

BERANDA

NASIONAL

GLOBAL

SUL-SEL

POLITIK

HUKUM

OLAHRAGA

LIFESTYLE

TEKNO

RELIGI

PROPERTI

PENDIDIKAN

OPINI

EKONOMI

SELEBRITI

VIDEO POPULER

TOKOH

TREN

SOSIAL

KRIMINAL

TRAVEL

SAINS

UNIK

OTOMOTIF

HIBURAN

HEALTH

PT. JALUR INFO NUSANTARA

Jalur Informasi Independen & Terpercaya

TENTANG KAMI

SERVICES

CONTACT

Copyright 2020