Top News
Nasional Internasional Sul-Sel Politik Hukum Olahraga Lifestyle Tekno Agama Tren Properti Pendidikan Tokoh Opini Video Iklan Ekonomi Selebriti Sosial Food
×

DATA COVID-19 DI INDONESIA

Update terakhir: 04 Agustus 2020, 15:42 WITA

TERKONFIRMASI

115,056

+1,922 Kasus

Dirawat 37,618

Meninggal 5,388

P. Sembuh 72,050

Berita Terpopuler Hari Ini: BERITA VIDEO: Detik-detik terjadinya Ledakan Besar di Lebanon, Puluhan Meninggal & Ribuan Terluka Harga emas melambung, ANTAM akan maksimalkan bisnis Logam Mulia Profil Kapolda Sulsel yang Baru Irjen Pol Merdisyam, Jenderal Intelijen yang Blunder soal TKA China Repsentatif Perempuan, Fatmawati Rusdi Jadi Idola “Emak-emak” Geopark Maros-Pangkep Menuju UNESCO Global Geopark Belum Genap Setahun, Orang Nomor Satu di Institusi Polda Sulsel Kembali Dimutasi Diduga Korupsi Dana Desa Rp 700 Juta, Bendahara Desa Melarikan Diri Perempuan Pembakar Bendera Merah Putih Ditangkap Polisi Tak Lagi Periksa Suket, Pembatasan Akses Keluar Masuk Makassar tetap Dilanjutkan PKB dan Berkarya Ikut Gabung, RAMAH Berpotensi 10 Kursi
Landscape for All Languages

Asrun Lio Gencar Kunjungi Sekolah Terpencil

Pendidikan | 2020-07-29

PLT Kadikbud Sultra saat berkunjung ke SMAN 3 Kulisusu Utara melihat secara langsung eks bascamp dijadikan kantor sekaligus perpustakaan sekolah.
KENDARI, JALURINFO,- Sejak dilantik pada 7 Desember 2018, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara (Sultra), Asrun Lio gencar melakukan kunjungan ke sejumlah sekolah terpencil. Kunjungan ini dalam rangka mengetahui secara rill kondisi SMA, SMK maupun Sekolah Luar Biasa (SLB) di bumi anoa.

Tekad meningkatkan pendidikan Sultra yang juga dimulai dari sekolah, maka tidak heran jika memasuki dua tahun kepemimpinannya, lebih dari 70 persen sekolah yang elah di kunjungi.

Asrun mengungkapkan, meski sudah ada Kantor Cabang Dinas (KCD), namun dirinya ingin melihat langsung kondisi sekolah yang ada di daerah jauh. Selain itu juga mengetahui Proses Belajar Mengajar (PBM) di sekolah dan kehidupan peserta didik.

Baca juga: Dukung Belajar Daring, Pemkot Makassar Bakal Bagi-bagi HP ke Siswa

Misalnya saja di SMAN 3 Kulisusu Utara, Kabupaten Buton Utara (Butur). Sebelumnya ia mendapat laporan dari tentang kondisi sekolah tersebut. Namun, untuk memastikannya, Asrun turun langsung melihatnya.

"Saya percaya kepada laporan KCD, namun karena kebijakan pimpinan berkaitan dengan pengambilan keputusan, maka kepala dinas perlu mengetahui apa sih yang terjadi di satuan pendidikan. Oke, ada info dari KCD tapi harus di cek sampai ke lapangan karena saya tidak mau ada laporan asal bapak senang," tuturnya, Sabtu (25/7) di Kantor Dikbud Sultra.
Asrun Lio Gencar Kunjungi Sekolah Terpencil

Baca juga: Minim Guru ASN, Sekolah dan Murid di Makassar Diurus 2.000 Tenaga Kontrak

Ia menjelaskan, di SMAN 3 Kulisusu Utara ada sebuah bangunan eks Base Camp yang dijadikan kantor kepala sekolah, dan perpustakaan. Jadi apabila tidak dikunjungi langsung, pihaknya tidak tahu kondisinya.

"Misalnya di SMAN 3 Kulisusu Utara, ada kantor sekolah dijadikan sekolah perpustakaan eks Base Camp. Jadi kalau tidak dikunjungi mana kita tahu kondisinya," paparnya.

Setelah melihat kondisi tersebut, kata dia, Dikbud Sultra sudah mengusulkan pembangunan gedung sekolah yang memadai untuk sekolah.

"Tahun ini kita usulkan perubahan, untuk pembangunan yang memadai untuk SMAN 3 Kulisusu Utara," tegasnya.

Baca juga: Nadiem Izinkan Dana BOS Dipakai Beli Kuota Internet PJJ

Menurutnya, masih ada daerah yang belum tersentuh seperti di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep). Untuk itu, Asrun Lio berjanji setelah dilantik sebagai Kepala Dikbud definitif, akan melanjutkan kunjungan sekolah dan memberikan semangat pendidikan ke seluruh daerah di Sultra.

"Saya berjanji setelah pelantikan nanti akan kunjungi sekolah yang belum tersentuh. Dan saya akan memperioritaskan sekolah yang jauh dari pusat kota. Seperti Konawe Kepulauan. Sebelum masuk di pemerintahan, saya pernah melakukan riset di sekolah itu, walaupun saat itu masih Anak Baru Gede Plt kesana sekitar 2017 dan 2018, bukan ABG kadis yah, namun semangat pendidikan ini ke seluruh daerah di Sultra," tandasnya.

Diketahui selama kepemimpinannya hanya dua kabupaten saja yang belum ia kunjungi yakni Wakatobi dan Konawe Kepulauan. Sementara itu, di Kabupaten Bombana ada 17 SMA/SMK yang pernah disambangi. Kota Bau-bau juga ada 6 SMA/SMK yang dikunjungi.

Kemudian, Buton Selatan (Busel) 3 sekolah. Buton Utara (Butur) 2 sekolah yakni SMKN 11 Labuan dan SMAN 1 Labuan. Selanjutnya, di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) 6 sekolah diantaranya SMAN 1 Rate-rate dan SMAN 1 Batu Putih. Selanjutnya, di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) ada 2 sekolah, Kabupaten Konawe ada 7 sekolah diantaranya SMAN 1 Routa, SMAN Asinua. Di Buton Tengan (Buteng) ada 3 sekolah, Muna Barat (Mubar) 4 sekolah, Kolaka ada 5 sekolah dan terakhir Kota Kendari hampir semua sekolah. (rls)
Terkini
Terpopuler
Covid 19
Video

Berita Terkait

KOLEKSI VIDEO POPULER

BERITA VIDEO: Keutamaan Waktu
Subuh, dan Kerugian bila
meninggalkan Shalat Subuh

BERITA VIDEO: Beberapa Pemuda
masuk ke RS Akibat Ingin
Memperbesar Alat Kelamin

BERITA VIDEO: Ustadz Das'ad
Latief: Rahasia Menghadapi
Istri yang Suka Ngomel

BERITA VIDEO : Sancaklar,
Mesjid Megah Dengan Desain
Terunik di Turki

BERITA VIDEO: 10 Pertandingan
KO Terbaik Mike Tyson

BERITA VIDEO: Detik-detik
Peluncuran Crew Dragon
Spacecraft dan Dua Astronot
ke ISS

BERITA VIDEO: Lima
Pertandingan yang Meng-KO Mike
Tyson

BERITA VIDEO: Ustadz Das'ad
Latief: Ingin Perbaiki Hidup?
Perbaiki Shalat!

BERITA VIDEO: Sholawat Nabi
Paling Merdu dari Timur Tengah

BERITA VIDEO: Surah Al-Mulk
oleh seorang pemuda Afrika,
viral di Medsos

BERITA VIDEO: Nabi Muhammad
adalah Tokoh yang Menentang
Keras Rasisme

BERITA VIDEO: Longsor yang
menenggelamkan Rumah di Desa
Battang Poros Toraja Palopo
(1)

BERITA VIDEO: Longsor yang
menenggelamkan Rumah di Desa
Battang Poros Toraja Palopo
(2)

BERITA VIDEO: Pangdam XIV
Hasanuddin, Mayjen TNI A.
Sumangerukka, Mengajak
Masyarak Bersatu Melawan
Covid-19

BERITA VIDEO: Detik-detik
Banjir Bandang Seret Korban di
Masamba

BERITA VIDEO: Memilukan!,
Penampakan Akibat Banjir
Masamba, Masjid & Rumah Warga
Dipenuhi dengan Lumpur

BERITA VIDEO: Viral Gadis
Cilik Berhasil Diselamatkan
Setelah Terendam Lumpur Banjir
Bandang Masamba

BERITA VIDEO: Kondisi di
Sekitar Mesjid Radda Pasca
Banjir Bandang Masamba

BERITA VIDEO: Kondisi Terkini
Kota Masamba Pasca Banjir
Bandang

BERITA VIDEO: PMI Sulsel
Kirimkan Paket Bantuan Ke
Masamba

JELAJAHI LEBIH LANJUT

BERANDA

NASIONAL

GLOBAL

SUL-SEL

POLITIK

HUKUM

OLAHRAGA

LIFESTYLE

TEKNO

RELIGI

PROPERTI

PENDIDIKAN

OPINI

EKONOMI

SELEBRITI

VIDEO POPULER

TOKOH

TREN

SOSIAL

KRIMINAL

TRAVEL

SAINS

UNIK

OTOMOTIF

HIBURAN

HEALTH

PT. JALUR INFO NUSANTARA

Jalur Informasi Independen & Terpercaya

TENTANG KAMI

SERVICES

CONTACT

Copyright 2020