Top News
Nasional Internasional Sul-Sel Politik Hukum Olahraga Lifestyle Tekno Agama Tren Properti Pendidikan Tokoh Opini Video Iklan Ekonomi Selebriti Sosial Food
×

DATA COVID-19 DI INDONESIA

Update terakhir: 02 Agustus 2020, 15:42 WITA

TERKONFIRMASI

111,455

+1,519 Kasus

Dirawat 32,244

Meninggal 5,236

P. Sembuh 68,975

Berita Terpopuler Hari Ini: Komentar IDI soal Klaim Hadi Purnomo Temukan Obat Covid-19 Bupati Barru, Letakkan Batu Pertama Rumah Tahfidz Relawan Akhirat Presiden Bubuhkan Tanda Tangan, Gaji 13 ASN Cair Bulan Ini Jadi Top Skor Musim Ini, Immobile Samai Rekor Higuain di Seri A Pegang Presidensi Dewan Keamanan PBB, RI Akan Angkat Isu Covid-19 hingga Terorisme Guardiola Mengakui Liverpool Lawan Terberat dalam Kariernya Dimulai hari ini! Begini cara daftar ulang peserta SKB CPNS Pasangan Selingkuh Tak Mengenakan Pakaian Pingsan di Dalam Mobil, Berstatus PNS Nadiem Izinkan Dana BOS Dipakai Beli Kuota Internet PJJ Karaoke Berujung Maut, Gadis Asahan Tewas dengan Mulut Berbusa
Landscape for All Languages

Cegah Makanan dan Obat Ilegal, BBPOM dan Ketua TP PKK Barru Edukasi Warga

Berita Sul-Sel | 2020-07-29

Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Sulsel melaksanakan sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui komunikasi informasi, terkait obat-obat tradisional, kosmetik dan pangan
BARRU, JALURINFO,- Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Sulsel melaksanakan sosialisasi pemberdayaan masyarakat melalui komunikasi informasi, terkait obat-obat tradisional, kosmetik dan pangan. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula PKG Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru, secara khusus menghadirkan Anggota Komisi IX DPR RI, drg Hj Hasnah Syam MARS.

Ketua TP PKK Barru yang juga anggota DPR RI, drg Hasnah Syam memang membidangi masalah kesehatan di DPR RI dan dinilai sangat tepat untuk dihadirkan. Selain punya kedekatan emosional dengan warga Barru, juga kapasitas yang dimiliki untuk bersama memberikan edukasi kepada warga. Ketua TP PKK Barru di depan warganya menyampaikan jika kegiatan seperti ini sangat penting untuk diikuti warga, karena bisa memahami persoalan yang terkait dengan obat-obatan, kosmetik, maupun makanan.

Baca juga: Jaringan Telkomsel di Masamba Sudah Pulih 100%

Pasalnya, warga hanya tahu tahu mengkonsumsi, tapi tidak mengetahui dampak yang ditimbulkan. “Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan masyarakat, dimana melalui sosialisasi seperti ini, bisa memberikan informasi kepada masyarakat tentang produk obat, obat tradisional, kosmetik, pangan yang aman dikonsumsi dan digunakan,” kata Hasnah Syam kepada warga.

Ia menambahkan, masih banyak masyarakat belum memahami bagaimana cara mengosumsi dan menggunakan produk obat, obat tradisional, kosmetik, dan pangan yang aman. Karena itu, sosialisasi ini diharapkan bisa membantu warga. Sebelum menutup sambutannya, drg Hasnah Syam juga menyampaikan apresiasinya kepada masyarakat yang dinilainya punya kepatuhan terhadap standar protokol kesehatan mengenai Covid-19. Terbukti, Barru masuk kategori rendah mengenai penularan virus itu di Indonesia.

Baca juga: Perkawinan Anak Capai 2.731 Kasus, Gugus Tugas KLA Gelar Lokakarya

Anggota DPR dari Fraksi Nasdem ini tetap mengimbau kepada warga untuk selalu waspada, dan terus mematuhi standar protokol kesehatan. Sebab penyaluran virus itu masih mengancam jika kita abai dan lengah. Berdasarkan pantauan, di sosialisasi BBPOM ini, disamping menghadirkan Hasnah Syam, juga mengundang beberapa narasumber terkait. Seperti Pengawas Farmasi Makanan Ahli Madya dari BBPOM Sulsel, Adilah Pababbari, dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barru dr Amiz Rivai.

Adilah yang juga datang mewakili Kepala BBPOM Sulsel, mengurai, sosialisasi merupakan bagian menjaga keamanan makanan, kosmetik, maupun obat, dan obat tradisional. “Menjadi himbauan kepada masyarakat agar berhati-hati menggunakan obat tanpa resep dokter. Apalagi obat Ilegal dan obat palsu. Obat Ilegal adalah obat yang tidak memiliki ijin produksi. Dan obat palsu, yaitu membuat obat sama dengan aslinya. Begitu pula kosmetik yang terbuat dari bahan racikan yang bisa merusak bagian wajah atau tubuh bagian luar manusia,” paparnya.

Baca juga: Pemerintah Suriah Umumkan Bangun Miniatur Replika Hagia Sophia

Ia berharap dengan berbagai penjelasan yang disampaikan melalui sosialisasi ini dapat melakukan antisipasi dini demi kesehatan kita semua. Termasuk warga yang hadir, bisa menyampaikan ke para tetangganya. Sementara Amiz Rivai lebih fokus menyosialisasikan tentang penggunaan obat. Seperti harus teliti membedakan obat yang asli dan palsu, serta racikan. Begitu pun dalam membedakan kemasan obat yang baik dan tak layak digunakan. Selain itu, pihaknya bersama BBPOM berkomitmen untuk berperan aktif melakukan pencegahan terhadap bahan makanan dan obat-obatan yang beredar di masyarakat.
Terkini
Terpopuler
Covid 19
Video

Berita Terkait

KOLEKSI VIDEO POPULER

BERITA VIDEO: Keutamaan Waktu
Subuh, dan Kerugian bila
meninggalkan Shalat Subuh

BERITA VIDEO: Beberapa Pemuda
masuk ke RS Akibat Ingin
Memperbesar Alat Kelamin

BERITA VIDEO: Ustadz Das'ad
Latief: Rahasia Menghadapi
Istri yang Suka Ngomel

BERITA VIDEO : Sancaklar,
Mesjid Megah Dengan Desain
Terunik di Turki

BERITA VIDEO: 10 Pertandingan
KO Terbaik Mike Tyson

BERITA VIDEO: Detik-detik
Peluncuran Crew Dragon
Spacecraft dan Dua Astronot
ke ISS

BERITA VIDEO: Lima
Pertandingan yang Meng-KO Mike
Tyson

BERITA VIDEO: Ustadz Das'ad
Latief: Ingin Perbaiki Hidup?
Perbaiki Shalat!

BERITA VIDEO: Sholawat Nabi
Paling Merdu dari Timur Tengah

BERITA VIDEO: Surah Al-Mulk
oleh seorang pemuda Afrika,
viral di Medsos

BERITA VIDEO: Nabi Muhammad
adalah Tokoh yang Menentang
Keras Rasisme

BERITA VIDEO: Longsor yang
menenggelamkan Rumah di Desa
Battang Poros Toraja Palopo
(1)

BERITA VIDEO: Longsor yang
menenggelamkan Rumah di Desa
Battang Poros Toraja Palopo
(2)

BERITA VIDEO: Pangdam XIV
Hasanuddin, Mayjen TNI A.
Sumangerukka, Mengajak
Masyarak Bersatu Melawan
Covid-19

BERITA VIDEO: Detik-detik
Banjir Bandang Seret Korban di
Masamba

BERITA VIDEO: Memilukan!,
Penampakan Akibat Banjir
Masamba, Masjid & Rumah Warga
Dipenuhi dengan Lumpur

BERITA VIDEO: Viral Gadis
Cilik Berhasil Diselamatkan
Setelah Terendam Lumpur Banjir
Bandang Masamba

BERITA VIDEO: Kondisi di
Sekitar Mesjid Radda Pasca
Banjir Bandang Masamba

BERITA VIDEO: Kondisi Terkini
Kota Masamba Pasca Banjir
Bandang

BERITA VIDEO: PMI Sulsel
Kirimkan Paket Bantuan Ke
Masamba

JELAJAHI LEBIH LANJUT

BERANDA

NASIONAL

GLOBAL

SUL-SEL

POLITIK

HUKUM

OLAHRAGA

LIFESTYLE

TEKNO

RELIGI

PROPERTI

PENDIDIKAN

OPINI

EKONOMI

SELEBRITI

VIDEO POPULER

TOKOH

TREN

SOSIAL

KRIMINAL

TRAVEL

SAINS

UNIK

OTOMOTIF

HIBURAN

HEALTH

PT. JALUR INFO NUSANTARA

Jalur Informasi Independen & Terpercaya

TENTANG KAMI

SERVICES

CONTACT

Copyright 2020