Top News
Nasional Internasional Sul-Sel Politik Hukum Olahraga Lifestyle Tekno Agama Tren Properti Pendidikan Tokoh Opini Video Iklan Ekonomi Selebriti Sosial Food
×

DATA COVID-19 DI INDONESIA

Update terakhir: 04 Agustus 2020, 15:42 WITA

TERKONFIRMASI

115,056

+1,922 Kasus

Dirawat 37,618

Meninggal 5,388

P. Sembuh 72,050

Berita Terpopuler Hari Ini: BERITA VIDEO: Detik-detik terjadinya Ledakan Besar di Lebanon, Puluhan Meninggal & Ribuan Terluka Harga emas melambung, ANTAM akan maksimalkan bisnis Logam Mulia Profil Kapolda Sulsel yang Baru Irjen Pol Merdisyam, Jenderal Intelijen yang Blunder soal TKA China Repsentatif Perempuan, Fatmawati Rusdi Jadi Idola “Emak-emak” Geopark Maros-Pangkep Menuju UNESCO Global Geopark Belum Genap Setahun, Orang Nomor Satu di Institusi Polda Sulsel Kembali Dimutasi Diduga Korupsi Dana Desa Rp 700 Juta, Bendahara Desa Melarikan Diri Perempuan Pembakar Bendera Merah Putih Ditangkap Polisi Tak Lagi Periksa Suket, Pembatasan Akses Keluar Masuk Makassar tetap Dilanjutkan PKB dan Berkarya Ikut Gabung, RAMAH Berpotensi 10 Kursi
Landscape for All Languages

Sketsa- sketsa

WARISAN YANG TAK BERLANJUT
Catatan Syamsu Nur

Opini | 2020-07-27

Foto sketsa penulis, Syamsu Nur
MAKASSAR, JALURINFO,- Ada beberapa warisan, dari pemerintahan sebelumnya yang jadi mangkrak. Mangkrak, artinya bangunan yang tidak selesai, tidak terurus, tidak terawat atau terbengkalai. Nilai proyek mangkrak sangat besar. Penyebabnya yah, warisan yang tak berlanjut.

Kita lihat saja hasil karya dan ide dari Mantan Gubernur Sulawesi Selatan Amiruddin. Berapa besar potensi dan dana yang telah dikeluarkan membangun Benteng Somba Opu. Rumah adat dari 23 Kabupaten, dibangun dengan kayu kelas satu. Kayunya diangkut dari Kalimantan, harganya tidak sedikit. Sekarang menjadi tidak terurus, bahkan sampai rusak. Padahal Benteng Somba Opu menjadi tujuan wisata yang unik. Pernah, bagi pendatang merasa kagum dengan hasil karya itu. Kini hanya menjadi kenangan. Kita tidak pernah lagi mendengar cerita kehebatan dari Benteng Somba Opu yang juga memiliki nilai sejarah.

Baca juga: Sketsa-sketsa

BISNIS ROKOK, YANG MASIH PERKASA
Catatan : Syamsu Nur

Lihat juga Monumen Mandala, sebuah tugu yang menjulang tinggi di tengah kota. Tugu ini tidak jelas fungsinya. Monumen ini dibangun di era Gubernur Palaguna. Saya pernah naik ke puncak9 Monumen Mandala. Saya diundang. Pada saat itu sebagai Ketuanya Persatuan Wartawan Indonesia Sulawesi Selatan. Dari atas bisa melihat pemandangan kota Makassar yang indah. Di bagian bawah, di kaki tugu, ada ruangan pameran visual tentang perjuangan rakyat Sulawesi Selatan merebut kemerdekaan dan merebut Irian Barat.

Di tempat tugu Mandala itu, Jenderal Soeharto berkantor dan memimpin perjuangan merebut wilayah Irian Barat dari kekuasaan Belanda. Sekarang sudah bernama Propinsi Papua, bagian dari negara Republik Indonesia, juga punya nilai sejarah . Sebuah tugu, barulah bermanfaat kalau dikunjungi. Baru dinikmati. Apalagi punya fasilitas lift.

Baca juga: Nenek Sihir

Oleh : Dahlan Iskan

Sekarang kita tidak menyaksikan lagi Tugu tersebut, menjadi obyek kunjungan, padahal tugu Mandala masih kuat, tetap tegak kokoh, namun sekilas tak terurus dan tak difungsikan sebagai tempat kunjungan wisata. Mungkin memang tujuannya bukan tempat wisata, tapi setidaknya ada kesempatan bagi siapa saja yang mau menikmati keunikan tugu Mandala tersebut. Selama ini kesan yang ada hanya digunakan sebagai tempat berkumpul untuk menyatakan pendapat.

Mantan Gubernur Syahrul Yasin Limpo, juga membuat warisan, stadion Barombong dan Masjid 99 kubah. Sayangnya tidak selesai Gubernur Syahrul sudah berakhir jabatannya. Tentu kita berharap gedung yang hampir selesai ini tidak mangkrak, sayang uang negara sudah banyak keluar dan penyelesaian gedung ini tidak berlanjut. Ide Gubernur Syahrul yang sering diucapkan akan membuat Karebosi baru, sebuah space terbuka yang luas, tempat berkumpulnya banyak kegiatan masyarakat, juga kiranya idenya tidak hilang lenyap.

Baca juga: Sketsa-sketsa

MAKNA KORBAN DAN KURBAN
Oleh : Syamsu Nur

Dari awal pemerintahan Gubernur Nurdin Abdullah juga nampak punya semangat tinggi. Kemungkinan besar akan membuat juga monumen. Dari awal juga kita berharap agar diperhitungkan matang, jangan monumen nya tidak selesai pada saat jabatan Gubernur ditinggalkan. Gubernur baru yang akan datang, siapa tau, punya ide lain juga. Monumen peninggalan pendahulunya, tidak dilanjutkan juga. Nasibnya, Ibarat pohon, hidup segan, mati tak mau. Monumen itu, diharapkan yang punya nilai untuk publik dan selalu dikenang.

Kita contoh saja karya Presiden RI Pertama, Sukarno. Ia membangun Stadion Gelora Bung Karno di Senayan, Tugu Monas dan Masjid Istiqlal. Monumen nya sudah berusia 70 tahun, tetap digunakan, bermanfaat bagi publik dan selalu dikenang sepanjang masa.xxx
Terkini
Terpopuler
Covid 19
Video

Berita Terkait

KOLEKSI VIDEO POPULER

BERITA VIDEO: Keutamaan Waktu
Subuh, dan Kerugian bila
meninggalkan Shalat Subuh

BERITA VIDEO: Beberapa Pemuda
masuk ke RS Akibat Ingin
Memperbesar Alat Kelamin

BERITA VIDEO: Ustadz Das'ad
Latief: Rahasia Menghadapi
Istri yang Suka Ngomel

BERITA VIDEO : Sancaklar,
Mesjid Megah Dengan Desain
Terunik di Turki

BERITA VIDEO: 10 Pertandingan
KO Terbaik Mike Tyson

BERITA VIDEO: Detik-detik
Peluncuran Crew Dragon
Spacecraft dan Dua Astronot
ke ISS

BERITA VIDEO: Lima
Pertandingan yang Meng-KO Mike
Tyson

BERITA VIDEO: Ustadz Das'ad
Latief: Ingin Perbaiki Hidup?
Perbaiki Shalat!

BERITA VIDEO: Sholawat Nabi
Paling Merdu dari Timur Tengah

BERITA VIDEO: Surah Al-Mulk
oleh seorang pemuda Afrika,
viral di Medsos

BERITA VIDEO: Nabi Muhammad
adalah Tokoh yang Menentang
Keras Rasisme

BERITA VIDEO: Longsor yang
menenggelamkan Rumah di Desa
Battang Poros Toraja Palopo
(1)

BERITA VIDEO: Longsor yang
menenggelamkan Rumah di Desa
Battang Poros Toraja Palopo
(2)

BERITA VIDEO: Pangdam XIV
Hasanuddin, Mayjen TNI A.
Sumangerukka, Mengajak
Masyarak Bersatu Melawan
Covid-19

BERITA VIDEO: Detik-detik
Banjir Bandang Seret Korban di
Masamba

BERITA VIDEO: Memilukan!,
Penampakan Akibat Banjir
Masamba, Masjid & Rumah Warga
Dipenuhi dengan Lumpur

BERITA VIDEO: Viral Gadis
Cilik Berhasil Diselamatkan
Setelah Terendam Lumpur Banjir
Bandang Masamba

BERITA VIDEO: Kondisi di
Sekitar Mesjid Radda Pasca
Banjir Bandang Masamba

BERITA VIDEO: Kondisi Terkini
Kota Masamba Pasca Banjir
Bandang

BERITA VIDEO: PMI Sulsel
Kirimkan Paket Bantuan Ke
Masamba

JELAJAHI LEBIH LANJUT

BERANDA

NASIONAL

GLOBAL

SUL-SEL

POLITIK

HUKUM

OLAHRAGA

LIFESTYLE

TEKNO

RELIGI

PROPERTI

PENDIDIKAN

OPINI

EKONOMI

SELEBRITI

VIDEO POPULER

TOKOH

TREN

SOSIAL

KRIMINAL

TRAVEL

SAINS

UNIK

OTOMOTIF

HIBURAN

HEALTH

PT. JALUR INFO NUSANTARA

Jalur Informasi Independen & Terpercaya

TENTANG KAMI

SERVICES

CONTACT

Copyright 2020